Saturday, April 02, 2016

Camping IV : Gunung Bunder Again But Another Campsite

Lima belas Mei dua ribu lima belas, waktu menunjukkan sudah pukul 12 siang dan hujan pun tidak memperlihatkan tanda-tanda akan berhenti. Sejak pukul 10 pagi ini kami disini. Berputar-putar mencari tempat yang cukup enak, banyak pohon dan sepi untuk berkemah. Namun sepertinya itu sia-sia. Weekend kali ini tampak rombongan club-club motor dan anak-anak sekolah bahkan beberapa perkumpulan pemuda-pemuda dari salah satu partai politik juga ingin menikmati dinginnya Gunung Bunder. Memang lokasi ini terkenal sangat ramai pada akhir pekan. Mulai dari yang sekedar piknik, berkemah, hingga shooting film/sinetron. Akhirnya kami menyerah dan berhenti di parkiran dekat orang yang sedang shooting Sinetron Arjuna.

Sudah habis dua bungkus nasi padang dan hujan pun masih deras. Sudah jauh-jauh datang ke tempat ini, rasanya pantang bagi saya untuk pulang kembali. Akhirnya dengan bermodalkan payung saya dirikan tarp kuning. Satu-persatu mulai dipasang. Setelah itu tenda, kemudian tarp hitam. Akhirnya para hammock pun bertengger di pohonnya masing-masing.

Camping kali ini berlokasi di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak Desa Gunung Bunder II, tidak berapa jauh dari lokasi sebelumnya Curug Cihurang. Jika anda kesini melalui Ciampea, anda akan menemui gerbang, kemudian setelah gerbang tepat disebelah kiri anda akan terlihat deretan pohon pinus yang cukup rapat ditanah lapang. Itulah bumi perkemahannya. Kami mendirikan tenda di bagian atas punggungan yang cukup tinggi.




First Gate (Google streetview)


Ticketting Gate (Google streetview)

Walau diwarnai dengan hujan yang tiada henti, air yang masuk ke tenda baik rembesan dari bawah maupun dari samping tenda, camping kali ini tetap berkesan. Pemilihan campsite yang tidak mudah yang membuat kami harus berkompromi. Namun semua itu terbayarkan saat melihat-lihat di sekitar perkemahan menikmati keindahan alam Desa Gunung Bunder. Kali ini juga merupakan pengalaman pertama saya tidur bermalam diatas hammock semalaman penuh. Sayangnya keindahan itu sedikit dicederai oleh perlakuan para kru sinetron yang merusak alam dengan membuang sampah nasi bungkus sembarangan di area kawasan ini. Bahkan sempat teramati tumpahan solar dan oli dari mesin diesel mereka. Belum lagi suara mesin diesel yang cukup mengganggu kami menikmati suasana alam yang hening.

Parkiran
Sangat luas dan cukup dekat dengan lokasi perkemahan. Anda tidak akan direpotkan dengan berjalan jauh-jauh dari lokasi parkiran menuju tenda. Bahkan kami masih bias melihat posisi mobil kami dari tenda.

MCK
Sangat buruk, tidak terawat, Kemungkinan disebabkan air yang tidak mengalir terus menerus dan membludaknya pengguna akibat aktivitas pengambilan gambar sinetron Arjuna. Tidak hanya digunakan olah para kru namun juga digunakan oleh para pengunjung yang ingin melihat artis idola mereka.

Biaya
Kami hanya membayar biaya masuk.

Mushola
Terdapat mushola yang cukup baik sebenarnya, sayangnya pada saat kami kesana, mungkin karena mck yang tidak memadai jadi teramati sepertinya ada yang buang air kecil di area berwudlu. Sangat disayangkan.

Sampah
Sama seperti camping-camping sebelumnya, pengelolaan sampah masih kurang, hanya dikumpulkan dan dibakar. Sepertinya bawa kembali sampahmu masih belum menjadi budaya atau kewajiban. Tidak seperti di jalur pendakian yang cukup ketat aturanya.

Jalan menuju lokasi
Jalannya cukup baik, sudah aspal walau banyak berlubang. Saat berbelok masuk parkiran berubah menjadi jalanan berbatu namun masih oke untuk dilalui. Teramati beberapa mobil sedan parkir disini. Mungkin milik para artis sinetron.


Jalan masuk parkiran sedikit berbatu (Google streetview)


Convenient store/warung
Terdapat beberapa warung dibagian dalam di pinggiran lokasi perkemahan di pinggir tebing, sehingga memiliki pemandangan yang indah. Sayangnya warung ini tidak buka setiap saat, hanya buka saat ramai saja. Namun jangan khawatir setiap pagi dan sore hari akan ada Ibu-Ibu yang menjajakan jajananya mengunjungi setiap tenda yang ada (dengan sedikit memaksa, hehehe…). Selain itu kurang dari satu kilometer dari gerbang anda sudah bisa menemukan convenient store (Alfam*rt/Indom*rt).

Interesting site
Tidak ada site khusus yang menarik selain tempat perkemahan itu sendiri. Deretan pohon pinusnya cukup rapat menarik untuk dijadikan tempat foto-foto. Terdapat sungai kecil dimana anak kecil dapat bermain-main air disini. Namun harus tetap waspada dari pacet.

Enjoy The Photos! Just click it to enlarge.

No comments:

Post a Comment